Senin, 09 Maret 2009

Meng-install Windows XP pada Compaq CQ40



"Compaq CQ40"

Installasi XP pada laptop ini sebenarnya sangat repot dan bahkan cenderung berisiko. Namun, akhirnya XP jalan juga dengan baik beserta driver2nya di laptop saya ini. Baiklah berikut akan saya share langkah2 installasi XP pada notebook ini. Namun perlu diperhatikan bahwa Compaq menganjurkan Vista untuk notebook ini. Jadi driver2 yang akan share di bawah ini adalah driver "kanibal".

Langkah-langkah:
1. Mengintegrasikan driver SATA AHCI ke dalam Windows menggunakan nLiteOS, namun pastikan bahwa .NET Framework diinstall dulu ke PC. Saya menganjurkan untuk menggunakan Windows XP SP2. Karena saya telah mencoba install XP SP3, malah ngga bisa booting. Panduan lengkap untuk integrasi SATA AHCI ke Installer XP lihat sini!!

2. Downgrade BIOS CQ40 ke F.11E, untuk mengeceknya restart lah laptop anda, dan masuk ke BIOS, dan cek versi BIOS nya. Jika anda mengabaikan langkah ini, maka selesai installasi XP, Setup tidak bisa boot up ke Windows.

Saya mendengar rumor bahwa downgrade BIOS akan mempengaruhi garansi laptop ini, jadi pertimbangkanlah dengan matang. Jangan lupa untuk berdoa agar proses downgrade BIOS ini berjalan dengan lancar ;).

3. Mulai install Windows XP SP2 seperti biasa. Jika sebelumnya driver SATA AHCI tidak diintegrasikan, maka BSOD akan muncul karena Setup Windows XP akan gagal mendeteksi Hard Disk laptop.

4. Setelah selesai install XP, install driver-driver di bawah ini. Usahakan untuk menginstall MSUAA duluan. Dengan menginstall MSUAA duluan maka Windows akan mengenal bus untuk Modem dan Audio..
5. Saya sarankan driver-driver ini diinstall terlebih dahulu secara berurutan dari atas ke bawah :


* MSUAA

*Synaptic

* Audio* Modem

* Dotnetfx 2.0

* Intel Chipset
* VGA
* Wireless
* Card reader
* Intel Matrix Storage
Selamat anda telah menginstall XP dengan berhasil. Namun masih ada satu kekurangan yaitu driver untuk Microphone. Untuk yang satu ini saya memang masih belum menemukan drivernya.
Kadang kala install driver Modem bisa tidak berhasil, saya juga tidak tahu mengapa. Coba lah untuk menginstall dengan menggunakan driver Modem pada Vista. Jika pada Driver Manager masih belum terdeteksi, update driver secara manual dengan melocate dimana driver tersebut di-extract.
Note:
- Saya akan mengupload driver CQ40 ini ke Indowebster agar teman2 disini bisa lebih mudah mendownloadnya..
- Jika ada bagian yang tidak mengerti, bisa tanya saya lewat comment atau Pingbox. :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar