Selasa, 24 Februari 2009

PS3 vs XBox 360


"Kanan: PS3, Kiri: XBox 360, who's the winner?"
Dear pembaca,

Apakah anda adalah seorang gamer? Jika iya, berarti anda seperti saya. Kalau tidak? Saya harap anda akan tetap duduk manis dan membaca post blog kali ini hingga selesai. Karena kali ini saya ingin membahas "pertarungan" antara kedua next gen console ini. :D

Pada post kali ini saya tidak akan membahas komparasi head to head diantara kedua next gen console ini. Karena saya yakin, gamer sekalian pasti telah pernah baca review head to head ini entah di majalah game ataupun jurnal game online. Apa yang ingin saya post kali ini adalah "pergolakan batin" yang terjadi pada saya untuk membeli diantara kedua console ini. Biarlah para pakar di luar sana yang membahas hal hal teknis mengenai kedua konsole ini. Setuju? :)

Belakangan ini saya memang sempat sekali ingin memiliki next gen console, apalgi setelah saya membantu saudara saya untuk memilih GeForce 9800GTX+. Sudah pasti terbayang untuk memainkan game-game berat seperti Fallout 3, Far Cry2, Red Alert 3, Grand Theft Auto 4, Crysis Warhead, ataupun Call of Duty: World At War. Selain hadir di PC, game-game tersebut juga hadir di next gen console, yaitu PS3 dan XBox 360.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli console ketimbang untuk membeli PC baru. Dengan pertimbangan bahwa ke depannya agar tidak repot repot upgrade PC.

Setelah menjelajahi berbagai forum seperti Kaskus dan Kotak Game, juga membaca artikel di VideoGamesIndonesia akhirnya semula saya memutuskan XBox 360 lah yang paling layak dibeli. Why?

Alasan pertama, tersedianya game bajakannya, so pasti :D. Dan alasan kedua, grafis XBox 360 tersedia berbagai pilihan sehingga lebih terjangkau daripada PS3, dan komparasi grafis PS3 dan XBox 360 menunjukkan keduanya hampir berimbang, namun pada beberapa game justru grafis XBox 360 lah yang lebih baik dari PS3. Sebut saja seperti Need For Speed: Pro Street.



"Perbandingan Grafis NFS: PS"

Lihatlah, grafis PS3 terkesan lebih "soft", dan blur. Sedangkan grafis XBox 360 lebih tajam dan memiliki lighting yang lebih baik, lihat pantulan ( refleksi ) pada hood mobil. Ya, ini merupakan pendapat yang subjektif, dan menurut saya grafis XBox 360 adalah yang paling baik :D.

Seperti yang telah disebutkan, XBox 360 terdiri dari beberapa tipe, sebut saja diantaranya adalah Arcade dan GoPro Edition. Perbedaanya, GoPro dibundel lebih "premium", sebut saja selain konsole di dalamnya Microsoft menyertakan 2 Wireless Stick, kabel HDMI, HDD 80 GB untuk save file ataupun untuk keperluan download file dari XBox Live, Headphone untuk XBox Live ( untuk permainan online ), dan Account berlangganan XBox Live.



"Bundel Xbox 360 GoPro Edition"

Sedangkan untuk versi Arcade, dibundel lebih "basic" ( halah, seperti Vista aja! ), Microsoft hanya menyertakan konsole dan 1 Wireless Stick serta Memori Card 256 Mb tanpa bisa mengupgrade HDD.

Saya sendiri tentu lebih prefer ke XBox Arcade yang dibandrol seharga $300-350 daripada GoPro ( $450 - 550 ). Biasalah kantong mahasiswa.. Hehe..

Namun, apakah artinya bahwa PS3 benar benar tidak layak!? Tidak juga. PS3 juga memiliki game killer seperti Metal Gear Solid 4 dan Final Fantasy 13. Saya sendiri juga merupakan "fanboy" MGS4, ho2. Ditambah lagi, hardware yang dipakai PS3 saat ini belum maksimal. Bisa dibayangkan kan kalau PS3 digejor... WOW!!!

Jadi mana nih bro yang lebih baik?
PS3 kah?
XBox 360 kah?

Sabar-sabar bos..

Tadi waktu saya ke MangDu ternyata XBox versi Arcade sudah tidak dijual lagi, dengan kata lain jika mau beli XBox 360 maka saya harus beli yang GoPro, juga juga berarti bahwa saya harus membayar lebih mahal dari yang saya kira. Padahal saya tidak memerlukan fitur premium tersebut seperti akun Xbox Live, oh noo!

Ditambah lagi untuk mengeluarkan grafis yang maksimal diperlukan televisi berdefinisi tinggi atau bahasa gaulnya High Definition TV ( HDTV ). Oh My Buddha!!!

Saya akan menambah budget lagi untuk membeli TV yang HD Full atau HD Ready. Kedua jenis TV ini akan saya bahas pada post artikel selanjutnya, so sabar ya...

So, which is still the best for me!?? Akhirnya dengan tegar saya memutuskan bahwa the best is PS2. Lho??? Kok?? PS3 dan XBox 360 yang dicompare masak pemenangnya adalah PS2? Nga salah nih??? Nga salah, kok.. Kan menurut saya.. Hehe...

Selain karena belum mampu untuk membeli perangkat HDTV + next gen console. PS2 masih memiliki game game yang belum saya tamatkan. Kebetulan pada saat ke MangDu saya mengunjungi toko game yang menjual game lawas seperti Legaia 2 Saga, Onimusha 1, dan 2, Devil May Cry 1, Summoner, Jade Cocoon 2. Karena game ini jugalah dulu saya ingin sekali punya PS2. Tadi saja, kalau tidak mengingat lusa ada sidang pendadaran saya masih keasikan main Jade Cocoon 2. :D

So, buat kamu-kamu yang ingin bingung ingin membeli next gen console dan setelah membaca post ini berharap mendapat sedikit "pencerahan" untuk memilih konsol mana yang lebih layak. I benar-benar minta maaf ya.. Haha.. Tapi saya sarankan untuk beli XBox 360 karena sudah bisa main game bajakan, sedangkan untuk saat ini Blu ray PS3 belum bisa untuk dicopy.

Tapi kalau kamu yang masih kurang yakin, dan punya duit berlebihan, nga usah kuatir.. Beli saja dua-duanya saya yakin pasti tidak akan sesal. Hehehe... Ya iya lah... PS3 + XBox 360? Wow.. Bisa senang sampai nga makan selama 1 minggu saya.. :D :D..

--------------------------------------------------------------------------

- Cari lebih tahu perbandingan PS3 dan XBox 360 lebih komprehensif, disini.
- Cari tahu juga perbandingan komprehensif XBox 360 dalam bahasa Indonesia, disini!

2 komentar:

  1. klo menurut aku sih, ketahanan mesin lebih bagus PS3. Bentuknya aja besar, ruang buat sirkulasi panasnya harusnya lebih bagus.

    oh ya, dari link yg kamu kasi di atas (yg ke forum vgi), disana dikatakan bahwa mobo XBOX360 sebelum falcon jelek dan pasti pernah overheat.

    klo dari segi game, ya itu urusan masing2 lah. Oh ya, bung adi tidak sekalian membahas nintendo Wii?

    BalasHapus
  2. *NUMPANG PROMO, yach...
    Kesempatan emas utk para pengguna TELKOMSEL dan pecinta FACEBOOK, utk mendapatkan SEPUASNYA tanpa batas semua langsung dari handphone kamu. GAMPANG! cukup ketik REG FB kirim ke 9789 (khusus pengguna telkomsel, yach..) Anda akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook (upload foto,status, comment, dll..) ato gmn cara bergabung situs jejaringan sosial lain. Ayo ooo jgn sampe ketinggalan update2 info lainny..

    BalasHapus